Struktur Pasar

r

PASAR ATAU STRUKTUR PASAR

Pasar adalah hubungan keseluruhan dari permintaan dengan penawaran terhadap barang atau jasa. Dilihat dari hubungan antar pembeli dan penjual, pasar dibedakan menjadi :

1. Pasar persaingan sempurna (Perfect Competation) Adalah pasar dimana terdapat banyak penjual dan banyak pembeli untuk memperdagangkan barang yang homogen.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna diantaranya :

a. Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak

b. Barang yang dijual bersifat homogen

c. Terdapat kebebasan keluar masuk pasar, baik bagi pembeli maupun penjual (Free entry and Exit)

d. Ada mobilitas barang, sehingga pembeli dapat memperoleh barang dalam jumlah berapapun

e. Penjual dan pembeli memahami keadaan pasar yang sebenarnya.

f. Produsen/penjual dan konsumen tidak dapat menentukan harga pasar (price taker), tetapi sebagai pengambil harga (price taker) atau Perusahaan menerima harga yang ditentukan oleh pasar (price taker)

g. Kurva permintaan yang dihadapi seorang produsen adalah garis lurus horizontal, artinya harga cenderung stabil walaupun jumlah barang yang terjual mengalami perubahan, sehingga kurva permintaan sama dengan kurva Penerimaan Rata-rata (Average Revenue = AR) dan Kurva Penerimaan Marjinal (Marginal Revenue = MR). Sedangkan kurva permintaan pasarnya melereng dari kiri atas ke kanan bawah atau memiliki Slope Negative.

h. Kurva penawaran pada pasar persaingan sempurna sama dengan kurva biaya marjinal (Marginal Cost = MC) dan dimulai dari titik minimum kurva AVC ke atas serta memotong kurva AC di titik minimum.

Dalam jangka pendek perusahaan dalam pasar persaingan sempurna dapat memperoleh laba/keuntungan atau dapat menderita keurgian. Namun dalam jangka panjang tiap perusahaan hanya memperoleh laba normal (Normal Profit). Laba normal adalah suatu tingkat keuntungan yang dianggap cukup lumayan besar bagi perusahaan-perusahaan yang sudah ada dalam industri, sehingga mereka tidak ingin keluar dari industri atau pasar.

2. Pasar persaingan tidak sempurna Adalah pasar dimana syarat-syarat pasar persaingan sempurna tidak terpenuhi. Pasar persaingan tidak sempurna, terdiri dari :

1) Pasar Monopoli adalah Pasar yang terdapat satu pihak penjual yang menguasai pasaran

Ciri-ciri pasar monopoli antara lain :

1)    Di dalam pasar hanya terdapat satu penjual/produsen

2)    Jenis barang yang diproduksi tidak ada barang penggantinya (no substituties) yang mirip.

3)    Adanya hambatan atau rintangan (barriers) bagi perusahaan baru yang akan masuk ke dalam pasar monopoli.

4)    Penjual ini tidak memengaruhi harga serta output dari produk lain yang dijual dalam perekonomian.

5)    Perusahaan mempunyai kekuatan untuk menetapkan harga jual barang (price maker / price setter) sehingga dalam pasar monopoli sering terjadi eksploitasi konsumen, yakni penetapan harga yang tinggi atau memiliki daya monopoli (Monopoly power)

6)    Kurva permintaan yang dihadapi monopolis adalah juga kurva permintaan pasar / industry, yakni melereng dari kiri atas ke kanan bawah

Dalam pasar monopoli perusahaan dapat melakukan Diskriminasi Harga, dengan syarat-syarat :

  • Barang tidak dapat dipindahkan dari satu pasar ke pasar lain
  • Sifat barang atau jasa itu memungkinkan dilakukan diskriminasi harga atau barang yang diproduksikan dapat dijual di dua pasar yang berbeda
  • Sifat permintaan dan elastisitas permintaan di masing-masing pasar haruslah sangat berbeda
  • Kebijakan diskriminasi harga tidak memerlukan biaya yang melebihi tambahan keuntungan yang diperoleh
  • Produsen dapat mengeksploitir beberapa sikap tidak rasional konsumen
  • Biaya yang dikeluarkan tidak melebihi keuntungan tambahan yang diperoleh
  • Ciri pembeli di suatu pasar berbeda dengan di pasar lainnya

Sedangkan Monopoli Alamiah adalah perusahaan yang terus menerus menikmati skala ekonomi hingga pada tingkat produksi yang sangat banyak jumlahnya, yang berarti Average Cost (AC) terus menerus menurun hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.

Dalam jangka pendek monopolis bisa memperoleh laba/keuntungan atau dapat menderita keurgian. Namun dalam jangka panjang monopolis akan memperoleh laba super normal (Super Normal Profit).

Untuk mengurangi keburukan pasar monopoli, pemerintah membuat kebijakan, diantaranya

  • Melakukan pengaturan/penetapan harga maksimum (ceiling price)
  • Pengenaan pajak kepada monopolis
  • Pengaturan Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha yang tidak sehat (UU anti Monopoli, yaitu UU NOmor 5 tahun 1999)
  1. Pasar Duopoli adalah Pasar yang terdapat dua pihak penjual yang menguasai

Ciri-ciri pasar duopoli antara lain :

1)    Terdapat  dua  penjual yang menguasasi

2)    Terdapat rintangan untuk memasuki industri  duopoli.

3)    Keputusan harga yang diambil oleh suatu perusahaan akan dipertimbangkan oleh perusahaan yang lain dalam industri.

2) Pasar Oligopoli adalah Suatu pasar yang didalamnya terdapat beberapa penjual menguasai (3 – 10 penjual / produsen)

Ciri-ciri pasar oligopoli antara lain :

  • Terdapat sedikit penjual (3 sampai dengan 10) yang menjual produk substitusi, artinya yang mempunyai kurva permintaan dengan elastisitas silang(cros selasticity of demand) yang tinggi.
  • Barang yang dihasilkan adalah barang diferensial atau homogen
  • Terdapat rintangan untuk memasuki industri oligopoly. Hal ini karena perusahaan yang ada dalam pasar hanya sedikit.
  • Keputusan harga yang diambil oleh suatu perusahaan harus dipertimbangkan oleh perusahaan yang lain dalam industri.
  • Terjadi persaingan non harga
  • Kurva permintaan pasar berbentuk patah (Kinked Demand Curve).
  • CR 4 melebihi 40% atau CR4 > 40

Kurva Permintaan Patah adalah kurva yang dihadapi setiap perusahaan oligopoly yang berbentuk bengkok, karena apabila suatu perusahaan menurunkan harga, perusahaan lainnya akan mengikutinya, sebagai akibatnya permintaan tidak mengalami peningkatan yang besar.

3) Pasar Persaingan Monopolistis adalah Pasar terdapat banyak penjual dalam suatu jenis barang tertentu, tetapi tiap penjual mempunyai ciri barang yang berbeda (differensiasi produk).

Differensiasi produk adalah kebijakan perusahaan yang pada dasarnya mengeluarkan suatu jenis barang, tetapi dapat dibedakan dari segi merek, mutu, ukuran, warna, tehnologi, bentuk, kandungan bahan mentah dan pengemasan yang berlainan.

Ciri-ciri pasar Monopolistis antara lain :

  • Terdapat banyak penjual
  • Barangnya bersifat berbeda corak/diferensiasi (merk, mutu, ukuran, bentuk, model, warna, kemasan/bungkus, pelayanan penjualan dan tehnologi)
  • Perusahaan mempunyai sedikit kekuasaan mempengaruhi harga
  • Masuk ke dalam industri relatif mudah
  • Persaingan mempromosi penjualan sangat aktif

Pasar persaingan monopolistik mirip dengan pasar persaingan sempurna, perusahaan mungkin dapat memperoleh laba atau menderita rugi, tetapi perusahaan mudah untuk masuk atau keluar dalam industri (Free entry and Exit), sehingga dalam jangka panjang perusahaan hanya memperoleh laba normal.

Bentuk Kurva keseimbangan perusahaan pada pasar monopolistis sama dengan kurva pada pasar monopoli, hanya dalam pasar monopolistis kurva permintaan (D), AR dan MR lebih elastis atau sangat elastis. Semakin banyak perusahaan dalam pasar persaingan monopolistis, maka semakin elastis atau datar kurva permintaannya.

Author

Latest Post

Related Post