Pendahuluan
Zaman ini, banyak produk yang dibuat dengan melibatkan bahasa pemrograman, di antaranya aplikasi, game, mikrokontoler, dan IoT (Internet of Things). Untuk membuat produk-produk tersebut diperlukan logika-logika pemrograman agar produk dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Logika dan algoritma pemrograman menjadi suatu hal yang sangat penting dalam membuat atau mengembangkan sebuah produk.
Tujuan Pembelajaran
Pembelajaran materi ini dapat dilakukan melalui proses pengamatan, tanya jawab, penugasan individu dan kelompok, serta proses menemukan. Melalui proses tersebut, setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat menjelaskan lingkungan pemrograman blok/visual dan membuat atau memodifikasi program blok untuk tujuan tertentu sesuai contoh.
Lingkup Materi
A. Pemrograman
- Mengapa perlu belajar pemrograman?
- Bagaimana Belajar Pemrograman ?
- Scratch
- Membuat Akun
- Mengenal “Universe” Scratch
B. Eksplorasi Fungsi Dasar
C. Robot Manual
Semoga Berhasil membuat game sederhana dengan Scratch
Kholib Samporno,SE.,MM.,MH
Guru Infomatika SMP Shafta
Guru Penggerak Angkatan 10 Kota Surabaya