logo-sekolah-islam-shafta

Menampilkan Musikalisasi Puisi

Musikalisai Puisi

Assalamualaikum Wr.Wb

Bagaimana kabar  kalian hari ini semoga baik baik saja  dan tetap semangat menuntut ilmu. Sebelumnya marilah kita berdoa agar pembelajaran kali ini berjalan lancar. Berdoa silahkan.

Sebenarnya kalian sudah sering melihat di TV musikalisasi puisi. Untuk lebih memahami itu maka kita akan  membahas tentang Musikalisasi Puisi

MUSIKALISASI PUISI

Adalah : cara membawakan puisi kepada penonton lewat persembahan musik, baik nyanyian, iringan musik ataupun lagu. Musikalisasi puisi adalah bentuk penggabungan seni membaca puisi dengan seni musik.

Bentuk musikalisasi puisi dibagi menjadi empat, yakni:

Musikalisasi puisi total Artinya seluruh isi puisi diubah dan diterjemahkan ke dalam bentuk instrumen musik. Kata lainnya, tidak ada pembacaan puisi atau mungkin hanya ada penyebutan judul saja.

Musikalisasi puisi iringan Artinya puisi dibawakan dengan diiringi permainan alat musik, seperti gitar, piano, biola atau lainnya. Jenis musikalisasi ini tetap dibawakan dengan cara pembacaan puisi seperti biasanya, hanya perbedaanya terletak pada iringan musik.

Musikalisasi puisi lagu Artinya seluruh isi puisi diubah ke dalam bentuk lagu. Sehingga lirik lagunya berasal dari puisi dan dinyanyikan bersama dengan iringan musik.

Musikalisasi puisi campuran Artinya puisi dibawakan dengan membaca puisi sambil diiringi musik dan juga dinyanyikan. Jenis musikalisasi ini merupakan perpaduan antara musikalisasi puisi iringan dan lagu.

Langkah menampilan musikalisasi puisi :

Pemilihan puisi Puisi menjadi unsur utama yang paling penting dalam musikalisasi puisi. Tentukan puisi yang akan dibawakan dengan memperhitungkan tema, lirik serta iringan musik yang akan dipakai. Pemilihan puisi yang tepat akan membantu proses musikalisasi puisi.

Penentuan bentuk musikalisasi puisi  bentuk musikalisasi puisi. Pastikan untuk tidak mengubah makna yang terkandung dalam puisi. Sesuaikan pula tema puisi dengan bentuk musikalisasi puisinya.

Penafsiran isi puisi Agar lebih menjiwai dalam membawakan musikalisasi puisi, tentunya isi atau makna yang terkandung harus ditafsirkan atau dipahami terlebih dahulu. Penafsiran ini mempermudah cara pembawaan dan penjiwaannya.

Penentuan irama atau iringan musik Setelah menafsirkan isi puisi, tentukanlah irama atau iringan musiknya. Hal ini juga termasuk penentuan alat musik dan tempo dalam membawakan puisinya.

Diharapkan dengan ilmu ini bisa diterapkan dalam penilaian bagi siswa saat tampil di depan umum dengan maksimal. Dan bisa digunakan  sesuai kebutuhan.

Wassalamualaikum Wr.Wb

 

Author

Latest Post

Related Post