Pembelajaran merupakan kegiatan kompleks yang memerlukan support dari berbagai elemen. di era pandemi Covid 19 sekarang ini, Pembelajaran dilaksanakan secara daring untuk meminimalisir kerumunan di klaster siswa sekolah. Berbagai kegiatan pembelajaran daring dilaksanakan sesuai dengan kapasitas setiap sekolahan. Sehingga ditemukannya berbagai bentuk elemen pembelajaran daring dengan tantangan tersendiri dan menimbulkan banyak sekali manfaat pembelajaran daring ketika permasalahan/tantangan tersebut bisa terselesaikan dengan tanggap.
Pembelajaran mempunyai faktor terpenting sebagai jantung yang berperan, yaitu siswa. Ketika siswa sudah merasakan kenyamanan dalam pembelajaran dan mengerti materi bahkan mengetahui target apa yang akan mereka usahakan dalam pembelajaran tersebut, maka pembelajaran akan terlaksana lebih efisien. Siswa yang diberikan kesempatan dalam berdiskusi tentang mau dibawa kemana pembelajaran mereka, dapat memberikan dampak positif terhadap pembelajaran tersebut dan berbagai peneliti juga sedang gencar mengkaji Tingkat Kepuasan Pembelajaran Daring Siswa. Oleh karena itu Penulis kali ini akan memaparkan hasil rekapitulasi data siswa mengenai kepuasan dalam pembelajaran daring yang telah diiadakan pada semester ganjil tahun 2020 dan harapan kedepannya. Sebelumnya perlu diketahui bahwa media yang digunakan adalah Google Classroom untuk pembelajaran Asynchronous dan Zoom Meeting untuk pembelajaran Synchronous dengan mengkolaborasikan dengan media pendukung yaitu Power Point, Youtube dan lain sebagainya.
Berikut data yang telah terkumpulkan dan pelaksanaan pengisian kuisioner tersebut pada awal pertemuan semester genap tahun 2021 ini:
Dari Hasil berikut dapat diketahui oleh khalayak umum bahwa kapasitas pembelajaran SKI di sekolahan ini sudah cukup memuaskan dan harapan kedepannya pembelajaran semakin meningkat dan membuat siswa tidak semakin tertekan melainkan semakin melaju hingga sampai tujuan dengan tepat sasaran. Tetap jaga kesehatan dimanapun Anda berada dan jangan lupa untuk tersenyum.