Perencanaan Usaha Kerajinan untuk Pasar Lokal, PKWU XII MIPA dan XII IPS (Riana Lilis WIdyawati, S.Pd., M.Sc)

kerajinan_pasar_lokal

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Selamat datang di tahun ajaran baru anak-anak, hari ini kita akan belajar tentang materi kerajinan yaitu Perencanaan Usaha Kerajinan yang Berdasarkan pada Kebutuhan dan Keinginan Lingkungan Sekitar/Pasar Lokal. Melalui pembelajaran ini diharapkan dapat menumbuhkan minat untuk berwirausaha dan dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan yang dimiliki oleh siswa. Berdasarkan luasannya, pasar dapat dibedakan menjadi pasar lokal, pasar nasional dan pasar global atau pasar internasional. Pasar lokal adalah pasar yang terbatas di lingkungan atau daerah yang sama dengan tempat produksi. Pasar juga dapat dibagi berdasarkan kesamaan perilaku pembeli yang dikenal dengan  segmentasi pasar. Kebutuhan bisa dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, kebiasaan atau budaya dimana kebutuhan tersebut dapat dipenuhi oleh produk kerajinan. Selain kebutuhan, pasar sasaran juga memiliki keinginan yang umumnya muncul dari gaya hidup dan selera. Untuk memulai sebuah usaha kita harus terlebih dahulu membuat perencanaan usaha agar mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk mempelajari materi lebih lanjut silahkan Klik LINK MATERI di bawah ini.

LINK MATERI: https://drive.google.com/file/d/1MHkC1DAf_y57MnkqVa3szJoGDzU6ohmm/view?usp=sharing

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

 

Author

Latest Post

Related Post