MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
JUDUL MATERI : PERSONAL LETTER
KELAS : XI IPA-IPS
KOMPETENSI DASAR
3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya |
4.6 Teks surat pribadi 4.6.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya 4.6.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks |
IPK
- Mengidentifikasi ungkapan keakraban yang lazim digunakan dalam surat pribadi
- Memahami struktur teks dan unsur kebahasaan dari surat pribadi
- Menganalisis unsur-unsur eksposisi surat pribadi
- Membaca surat pribadi dengan suara lantang dan bermakna, dengan ucapan dan tekanan kata yang benar
- Mengelompokkan dan menyusun kembali tiga surat pribadi yang dicampur aduk secara acak menjadi tiga surat pribadi yang koheren, seperti aslinya
- Membuat surat pribadi untuk satu orang teman di kelas tentang suatu hal yang relevan, dan kemudian membalasnya
The students need to know how to write a letter well and effectively by following this steps, link for power point :
https://drive.google.com/file/d/1m4T6reN5BxSYKDpKDQIv1pdn2teKHoeY/view?usp=sharing
Hopefully by following those steps, students’ ability in writing personal letter text for the eleventh grade students can improve their personal skill, team building and social skill.