Ditulis Oleh : KH. Ma'ruf Khozin
Madinah Kota Wabah
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَدِمْنَا الْمَدِينَةَ وَهْىَ وَبِيئَةٌ فَاشْتَكَى أَبُو بَكْرٍ وَاشْتَكَى بِلاَلٌ فَلَمَّا رَأَى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- شَكْوَى أَصْحَابِه
Aisyah berkata : “Ketika kami datang ke Madinah, ia tanah yang banyak wabah penyakit. Abu Bakar berkeluh dan Bilal berkeluh. Ketika Nabi melihat para Sahabatnya berkeluh, Nabi berdoa.
Doa Nabi Cinta Madinah
(رواه البخارى) اللَّهُمَّ حَبِّبْ إِلَيْنَا الْمَدِينَةَ كَحُبِّنَا مَكَّةَ أَوْ أَشَدَّ َصَحِّحْهَا لَنَا وَانْقُلْ حُمَّاهَا إِلَى الْجُحْفَةِ
“Ya Allah, jadikan kami cinta Madinah, sebagai-mana cinta kami kepada Makkah, atau melebihi Makkah. Dan bersihkanlah Madinah dari penyakit. Serta pindahkanlah wabahnya ke Juhfah ” (HR. Al-Bukhari).
Wabah di Masa Sahabat
اسْتَخْلَفَ عَلَى النَّاسِ عَمْرَو بْنَ الْعَاصِ فَقَامَ فِينَا خَطِيباً فَقَالَ أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ هَذَا الْوَجَعَ إِذَا وَقَعَ فَإِنَّمَا يَشْتَعِلُ اشْتِعَالَ النَّارِ فَتَجَبَّلُوا مِنْهُ فِى الْجِبَالِ. ق. ثُمَّ خَرَجَ وَخَرَجَ النَّاسُ فَتَفَرَّقُوا عَنْهُ وَدَفَعَهُ اللَّهُ عَنْهُمْ
Amr bin Ash jadi gubernur Syam, ia berkata: “Wabah ini sama seperti nyala api. Maka pergilah ke gunung-gunung”. Ia pergi dan orang-orang pergi. Lalu Allah hilangkan penyakit itu (HR. Ahmad).
Jaga Jarak
وَفِرَّ مِنَ الْمَجْذُومِ كَمَا تَفِرُّ مِنَ الأَسَدِ
Hadis : “Hindari orang kusta seperti kau menghindar dari macan” (HR Bukhari).
كلم المجذوم وبينك وبينه قدر رمح أو رمحين (ابن السني وابو نعيم في الطب – عن عبد الله بن ابي اوفى).
Hadis : “Bicaralah dengan orang kusta seukuran anak panah ada 2 panah” (HR. Ibnu Sunni).
Shaf Terputus
ﻟَﻜِﻦْ ﻓِﻲ ﻓَﺘَﺎﻭﻯ اﺑْﻦِ اﻟﺮَّﻣْﻠِﻲِّ ﺃﻥ اﻟﺼُّﻔُﻮﻑ اﻟﻤﻘﻄﻌﺔ ﺗَﺤْﺼُﻞُ ﻟَﻬُﻢْ ﻓَﻀِﻴﻠَﺔُ اﻟْﺠَﻤَﺎﻋَﺔِ ﺩﻭﻥ ﻓَﻀِﻴﻠَﺔِ اﻟﺼَّﻒِّ اﻷَْﻭﻝ
Namun dijelaskan dalam Fatawa Ar-Ramli bahwa shaf yang terputus tetap mendapatkan keutamaan shalat berjamaah, bukan keutamaan shaf pertama (Bujairimi Khatib 2/135).
Berhalangan Ibadah Tetap Dapat Pahala
أَبَا بُرْدَةَ وَاصْطَحَبَ هُوَ وَيَزِيدُ بْنُ أَبِى كَبْشَةَ فِى سَفَرٍ ، فَكَانَ يَزِيدُ يَصُومُ فِى السَّفَرِ فَقَالَ لَهُ أَبُو بُرْدَةَ سَمِعْتُ أَبَا مُوسَى مِرَارًا يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا مَرِضَ الْعَبْدُ أَوْ سَافَرَ ، كُتِبَ لَهُ مِثْلُ مَا كَانَ يَعْمَلُ مُقِيمًا صَحِيحًا
Abu Burdah melakukan perjalanan jauh dengan Yazid. Dan Yazid tetap puasa. Kata Abu Burdah Nabi bersabda: “Jika ada orang sakit atau pergi maka ia tetap dicatat seperti amal ibadah orang yang sehat dan muqim” (HR. Al-Bukhari).
Kesimpulan
Sejak masa Nabi sudah ada wabah penyakit. Di masa Sahabat wabah dapat hilang dengan menjaga jarak. Khawatir tertular bagian dari uzur dalam ibadah seperti shaf, jum'at, jenazah dll.