YOUTUBER, SELEBRGAM DAN RESIKONYA

Assalamualaikum Wr. Wb.

PENGERTIAN YOUTUBER

Youtuber merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut seorang pengguna platform YouTube. Definisi youtuber memiliki arti yang sesederhana itu, sebagaimana pengguna Facebook yang juga sering dipanggil Facebooker. Namun saat ini Youtuber lebih diartikan sebagai seorang yang membuat konten dan yang mempublikasikannya di youtube, dan bukan hanya sekedar menggunakannya saja.

YouTube merupakan salah satu sosial media yang biasanya digunakan sebagai hiburan untuk memanjakan telinga dan mata kita dengan berbagai macam video yang telah terupload didalamnya. Meskipun memiliki sistem yang hampir mirip dengan televisi, namun perbedaannya adalah televisi memiliki kanal yang terbatas dibandingkan dengan Youtube yang menyediakan berbagai macam video yang bisa dipilih sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu nilai tambah untuk YouTube adalah ada terdapat fitur user generated content yang membuat setiap pengguna dapat mengunggah video kreasi yang mereka buat sendiri.

YouTube ditonton dengan rata-rata satu miliar pengunjung setiap bulannya, sementara setiap menit terdapat sekitar seratus video yang diunggah oleh youtuber. Mereka mengunggah video kreasi dengan berbagai macam alasan, akan tetapi secara umum mereka hanya membagikan konten yang mereka sukai saja. Mulai dari video klip, film pendek, komedi, game, komedi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Youtuber memiliki pengertian lain yaitu sekelompok atau individu yang memiliki channel YouTube sendiri, membuat, menanyangkan, dan mencari subscribers. Pada awalnya profesi ini hanyalah diawali sebagai hobi saja, namun seiring dengan banyaknya pengunjung platform tersebut menjadikannya sebagai peluang untuk mendapatkan penghasilan jika di seriusi lebih jauh.

Seorang youtuber, untuk menambahkan penghasilannya tidak jarang yang menggunakan iklan. Kamu bisa membuat akun Google Adsense yang akan menyalurkan iklan di videomu dan untuk proses pembayaran, setidaknya kamu harus memiliki tiga video yang sudah ter-upload. Namun persyaratan dari Google Adsense sendiri selalu berubah-ubah mulai dari jumlah subscribers, jenis konten, hingga watch time video. Selain itu kamu juga bisa bekerja sama dengan suatu brand.

 

PENGERTIAN SELEBGRAM

Selebgram berasal dari kata “Selebriti” dan “Instagram”. Mereka yang dikatakan sebagai selebgram adalah orang yang memiliki banyak pengikut di Instagram dengan konten kreatifnya. Selebgram juga bisa memberikan pengaruh kepada followers-nya untuk mendukung atau menolak suatu hal. Makanya, ada istilah lain yang sering kita dengar juga yakni “influencer”. Namun, biasanya seorang influencer bisa berasal dari platform media lain. Kalau di Instagram sendiri sebutan khasnya adalah Selebgram.

Sejak kepopuleran Instagram di Indonesia memicu munculnya akun-akun online shop di media sosial tersebut. Seperti tidak kehabisan akal para penjual online shop melakukan strategi marketing mereka. Termasuk word of mouth, yaitu masing-masing akun akan mempromosikan Instagaram mereka satu sama lain. Semakin ke sini, semakin ada peluang terlihat untuk mendapatkan followers yang lebih besar. Banyak public figure yang memiliki akun Instagram pribadi dan memiliki banyak followers. Hal ini pun dimanfaatkan untuk mempromosikan akun online shop. Mereka mengguanakn sistem “endorse”.

Banyak orang akhirnya tertarik dengan sistem endorse. Baik dari sisi penjual dan pemasarnya. Mereka yang memiliki banyak followers tentunya tidak akan menyia-nyiakan hal ini. Siapa coba yang tidak ingin dikasih barang gratis sekaligus di bayar untuk mempromosikan barang di Instagram pribadinya? Tapi, semenjak sistem endorse dilirik perusahaan, tarif para endorser langsung melejit pesat. Saat itu persaingannya juga masih sedikit sekali. Oleh sebab itu, muncullah istilah baru untuk orang-orang yang populer di Instagram yakni “Selebgram”.

Selebriti Instagram sendiri berasal dari berbagai latar belakang. Banyak yang memulainya dari nol. Dari orang yang biasa-biasa saja, orang normal yang tidak hidup diantara hingar bingar kepopuleran. Memang, ada juga yang merupakan selebriti top di layar kaca, mudah sekali bagi mereka yang memiliki basis fans mendapatkan jutaan followers.

Biasanya, seseorang bisa dikatakan selebgram jika telah memiliki minimal 20.000 followers. Hal yang membuat mereka jadi selebgram adalah orisinilitas konten. Para selebgram yang merintis dari nol pasti memiliki konten yang menghibur dan disukai banyak orang, atau memiliki konten yang serius dan memanjakan mata penonton yang melihatnya. Tentu saja ada ciri khas dari konten yang mereka buat sehingga mereka bisa mencapai titik kesuksesan.

Hal lain yang membuat selebgram lebih cepat melejit adalah karena adanya kedekatan yang lebih dengan followersnya, di banding artis yang berada di layat kaca. Banyak orang menyukai postingan kegiatan sehari-hari yang diunggah para selebgram. Hal itu tidak akan didapatkan di layar kaca. Selebgram juga bisa berinteraksi langsung dengan beberapa fitur yang tersedia seperti kolom komentar, direct message, polling, dan live Instagram.

Link Video  :  https://drive.google.com/file/d/1mNDj03-uyK-xh_Ef8ALdlYnEjetDLAK7/view?usp=sharing

 

Link Materi PPT  :  https://docs.google.com/presentation/d/1Q22OahNbwOf5UTak3l8kAW2ri_2SswKN/edit?usp=sharing&ouid=100427831175633420804&rtpof=true&sd=true

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Author

Latest Post