logo-sekolah-islam-shafta

Degree of Comparison

WhatsApp Image 2023-01-24 at 14.32.21 (1)

Pengertian Comparison Degree
Comparison Degree merupakan istilah dalam grammar Bahasa Inggris untuk menunjukkan perbandingan. Dalam Comparison Degree, adjective (kata sifat) atau adverb (kata keterangan) akan mengalami perubahan bentuk sesuai dengan tingkatan perbandingannya. Oleh karena itu, Comparison Degree bisa juga disebut sebagai Tingkatan Perbandingan.

Fungsi Comparison Degree
Comparison Degree digunakan ketika hendak membandingkan satu hal dengan hal yang lain.

Tingkatan Comparison Degree
Comparison Degree memiliki tiga tingkat, yaitu positive degree, comparative degree, dan superlative degree. Apa perbedaan ketiganya? Yuk, kita lihat sama-sama di gambar berikut!

Pola dan Contoh Kalimat Comparison Degree
Setelah tau perbedaan dan pola dari ketiganya, sekarang waktunya belajar contoh kalimat dari Comparison Degree, nih. Kita bahas satu per satu, ya!

1. Positive Degree
Pada positive degree, kedua hal yang dibandingkan berada di level yang sama atau sebanding, oleh karena itu digunakan as adjective/adverb as. Misalnya, “You are as pretty as her.” memiliki arti kamu sama cantiknya dengan dia.

2. Comparative Degree
Pada comparative degree, salah satu dari kedua hal yang dibandingkan memiliki sifat ‘lebih’ dibanding hal lainnya, oleh karena itu digunakan adjective/adverb + -er atau more + adjective/adverb. Misalnya, “You are prettier than her.” memiliki arti kamu lebih cantik daripada dia.

3. Superlative Degree
Pada superlative degree, hal yang dibicarakan memiliki sifat ‘paling’ di antara yang lainnya, oleh karena itu digunakan adjective/adverb + -est atau most + adjective/adverb. Misalnya, “You are the prettiest girl in school.” memiliki arti kamu adalah perempuan paling cantik di sekolah.

Penggunaan -er/-est atau more/most harus disesuaikan kembali dengan adjective/adverb yang digunakan dalam kalimat.

Adjective/Adverb dengan 1 Syllable (Suku Kata)
Maksud dari 1 syllable (suku kata) yaitu adjective/adverb tersebut tidak dapat dipenggal, sehingga pengucapannya hanya satu kali saja.

Contoh:

Cheap dilafalkan sebagai /chip/, bukan /chi-ep/
Large dilafalkan sebagai /larj/, bukan /lar-je/
Adjective/adverb dengan 1 syllable selalu menggunakan -er/-est.

Tetapi jika adjective/adverb tersebut berakhiran huruf konsonan yang didahului oleh 1 huruf vokal, maka huruf konsonan terakhirnya harus ditulis ganda.

Big berubah bentuk menjadi bigger dan biggest, bukan biger dan bigest, karena big berakhiran huruf konsonan g dengan didahului 1 huruf vokal i, sehingga huruf konsonan terakhirnya harus ditulis ganda.

Sedangkan cheap ditulis sebagai cheaper dan cheapest, bukan cheapper dan cheappest, karena cheap berakhiran huruf konsonan p tetapi didahului oleh 2 huruf vokal yaitu e dan a, sehingga huruf konsonan terakhirnya tidak perlu ditulis ganda.

Adjective/Adverb dengan 2 Syllables (Suku Kata)
Maksud dari 2 syllables (suku kata) yaitu adjective/adverb tersebut dapat dipenggal menjadi 2, sehingga pengucapannya terdiri dari 2 kali ucap.

Contoh:

Happy dilafalkan sebagai /hep-pi/
Clever dilafalkan sebagai /kle-ver/
Adjective/adverb dengan 2 syllables bisa menggunakan -er/-est, bisa juga menggunakan more/most.

Adjective/adverb dengan 2 syllables yang menggunakan -er/-est memiliki ciri-ciri:

Berakhiran -er, -le, -ow, contoh: clever, simple, shallow
Berakhiran -y, tetapi y berubah bentuk menjadi i, contoh: happy menjadi happier dan happiest
Adjective/adverb dengan 2 syllables yang menggunakan more/most memiliki ciri-ciri:

Berakhiran -ly, -ful, -less, -ing, -ed, -ous, contoh: calmly, painful, hopeless, boring, worried, famous

Adjective/Adverb dengan 3 Atau Lebih Syllables (Suku Kata)
Maksud dari 3 atau lebih syllables (suku kata) yaitu adjective/adverb tersebut dapat dipenggal menjadi 3 atau lebih, sehingga pengucapannya terdiri dari 3 kali ucap atau lebih.

Contoh:

Expensive dilafalkan sebagai /eks-pen-siv/
Comfortable dilafalkan sebagai /kam-fer-te-bel/
Adjective/adverb dengan 3 atau lebih syllables selalu menggunakan more/most.

Adjective/Adverb dengan Bentuk Tidak Beraturan (Irregular Form)
Adjective/adverb yang tidak beraturan (irregular form) tidak mengikuti aturan penambahan -er/-est maupun more/most, karena memang sudah paten seperti itu dari asalnya.

Degree of comparison

Author

Latest Post

Related Post