logo-sekolah-islam-shafta

IKATAN KIMIA

gambar ikatan kimia

IKATAN KIMIA

Ikatan kimia merupakan gaya yang mengikat dua atom atau lebih untuk membentuk suatu senyawa atau molekul kimia. Ikatan kimia ini yang menjaga atom agar tetap terikat dalam suatu senyawa baru yang dihasilkan. Tujuan terjadinya ikatan kimia adalah agar terjadi kestabilan unsur.

MACAM-MACAM IKATAN KIMIA

Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi berdasarkan serah terima atau perpindahan elektronnya. Unsur yang memiliki energi ionisasi kecil melepaskan elektron valensinya (membentuk kation) dan atom unsur lain yang mempuyai afinitas elektron besar menangka-/menerima elektron tersebut (membentuk ionik). Kedua ion tersebut berikatan dengan gaya elektrostatis (sesuai hukum Coulomb). Dalam ikatan ion, unsur yang cenderung melepaskan elektron adalah unsur logam dan yang menerima elektron cenderung unsur non logam. Contoh ikatan ion adalah NaF dan KI.

Ikatan kovalen terjadi karena adanya pemakaian bersama pasangan elektron dari masing-masing atom yang berikatan. Ikatan kimi jenis ini terbentuk dari atom-atom unsur yang memiliki afinitas elektron tinggi serta beda keelektronegatifannya lebih kecil dibanding ikatan ion. Contoh ikatan kovalen adalah H2. Terdapat ikatan kovalen tunggal, ikatan kovalen rangkap dua, dan ikatan kovalen rangkap tiga.

Ikatan kovalen koordinasi terjadi dari pemakaian elektron bersama, namun elektron yang digunakan berasal dari salah satu atom. Atau dalam penggambaran lain, ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan yang dibentuk dengan cara penggunaan bersama pasangan elektron yang berasal dari 1 atom yang berikatan, dan atom yang lain hanya menerima pasangan elektron yang digunakan bersama. Contohnya adalah pembentukan ozon atau O3. Dalam pemebentukannya, agar semua atom dapat memenuhi aturan oktet, maka salah satu atom yang ditengah harus menyumbangkan dua elektronnya untuk digunakan secara bersama-sama.

Ikatan logam terajdi antar atom-atom unsur logam. Ikatan ini terbentuk karena adanya gaya tarik menarik dari inti logam dengan lautan elektron. Elektron tersebut merupakan elektron yang bebas bergerak.

PPT-Ikatan-Kimia-Kestabilan-Unsur-dan-Ikatan-Ion IKATANKIMIA

Author

Latest Post

Related Post