Bilangan bertingkat dalam bahasa Arab atau العدد الترتيبي merupakan susunan bilangan yang menunjukkan tingkatan. Bentuk penulisan bilangan bertingkat bahasa Arab berbeda dengan bentuk penulisan bilangan aslinya.
Perhatikanlah daftar di bawah in
معنى | العدد الترتيبي للمؤنث | العدد الترتيبي للمذكر |
Kesatu | الْأُوْلَى | الْأَوَّلُ |
Kedua | الثَّانِيَةُ | الثَّانِي |
Ketiga | الثَّالِثَةُ | الثَّالِثُ |
Keempat | الرَّابِِعَةُ | الرَّابِعُ |
Kelima | الْخَامِسَةُ | الْخَامِسُ |
Keenam | السَّادِسَةُ | السَّادِسُ |
Ketujuh | السَّابِعَةُ | السَّابِعُ |
Kedelapan | الثَّامِنَةُ | الثَّامِنُ |
Kesembilan | التَّاسِعَةُ | التَّاسِعُ |
Kesepuluh | الْعَاشِرَةُ | الْعَاشِرُ |
Baca Juga: Bilangan Bahasa Arab Angka 1 Sampai Ribuan
Bilangan bertingkat bahasa Arab ini juga mengikuti bentuk dari muzakkar, maupun muannats baik bilangan berupa mufrad atau murakkab. Contoh kalimat seperti berikut:
معنى | مثل |
Saudaramu adalah yang kedua belas | كَانَ أَخُوْكَ الثَّانِي عَشَر |
Dan saudara perempuanmu yang ketiga belas | وَأُخْتُكَ الثَّالِثَة عَشَر |
Ahmad yang kelima | وَأَحْمَد الْخَامِس |
Laila yang kelima | وَلَيْلَى الْخَامِسَة |
Begitu juga dengan contoh kalimat dengan menggunakan ‘athaf. Atau menggunakan bilangan bertingkat 20 ke atas seperti:
معنى | مثل |
Murid kedua puluh lima | التِّلْمِيْذُ الْخَامِس وَالْعِشْرُوْن |
Anak perempuan kedua puluh empat | الْبِنْتُ الرَّابِعَة وَالْعِشْرُوْن |
Bagaimana jika bilangan bertingkat bahasa Arab untuk angka 100 atau 1000? Angka yang digunakan di sini akan sama seperti bentuk bilangan biasa, seperti contoh berikut:
معنى | مثل |
Seratus orang | مِائَة رَجُلٍ |
Ruang seratus | الْغُرْفَةُ الْمِائَة |
Seribu murid | التِّلْمِيْذَة الْأَلْف |
https://www.ilmuakademika.id/2019/01/bahasa-arab-nama-mata-pelajaran.html